Rabu, 12 Mei 2010

Monitor Samsung SyncMaster Gelap

Kali ini saya akan sedikit berbagi / share kerusakan Monitor Samsung Syncmaster gelap. Gejalanya sendiri adalah pada saat Monitor dinyalakan ada indikator power pada monitor tersebut, pada CRT pun terdapat indikasi bahwa rangkaian tegangan tinggi sudah bekerja ( timbul elektrostatik pada layar CRT ).

Koneksi Kabel VGA ke PC pun sudah dipastikan tidak ada masalah, sehingga kerusakan kemungkinan besar terdapat pada chasis Monitor, berikut step by step nya supaya lebih jelas :

monitor samsung gelap 267x300 Monitor Samsung SyncMaster Gelap

Tampilan pada layar CRT gelap sedangkan indikator power menyala

screen monitor Monitor Samsung SyncMaster Gelap

Cek tegangan screen pada G2 PCB CRT

resistor rusak samsung Monitor Samsung SyncMaster Gelap

ganti resistor monitor Monitor Samsung SyncMaster Gelap

Cek Resistor menuju G2, ganti bila putus.

Lokasi dari resistor yang saya ganti adalah R315, tapi tentu saja untuk type dan merk lain akan berbeda :D, intinya adalah anda harus mengukur tegangan pada G2 dan bila tegangan tersebut tidak normal maka harus anda tracking / telusuri sehingga ditemukan dimana komponen penyebab tegangan tersebut drop.

Perlu juga diketahui kerusakan ini bisa disebabkan kerusakan pada kabel VGA, untuk mengetahui baik tidaknya kabel VGA silahkan ke postingan saya tentang Koneksi Kabel VGA Monitor

Untuk postingan ke depan saya akan menjelaskan secara lebih detail bagaimana menelusuri kerusakan pada sebuah monitor, tunggu saja. Saya harap artikel tentang Monitor Samsung SyncMaster Gelap ini bisa berguna. Amiinn..:).

Tidak ada komentar: